Home » Berita » 2 Pengawas Pembinaan Intensif Akreditasi

2 Pengawas Pembinaan Intensif Akreditasi

Published on September 19, 2014 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Selama 2 minggu lebih Pengawas Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dengan tekun dan sabar memberikan pembinaan secara intensif yaitu Bapak Drs. Bambang Supriyono, MM,M.Pd. dan Ibu Dra.Sri Murtiningsih, M.Pd. di SMA Negeri 7 Yogyakarta selama bulan September 2014.

Dalam pembinaan kedua pengawas secara intensif didahului dengan pertemuan antara kepala sekolah dan Tim Akeditasi SMA Negeri 7 Yogyakarta untuk menyamakan persepsi dalam pemahaman instrumen yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) supaya pada saat penilaian sudah tidak mengalami kendala atau persoalan yang dihadapi oleh Tim.

Dari 2 pengawas saling kerja sama dalam pembinaan dan saling bau membau agar selama pembinaan dokumen yang dipersiapkan bisa semaksimal mungkin dengan harapan nilai akreditasi nantinya bisa mencapai nilai maksimal minimal sama dengan tahun sebelumnya syukur bisa lebih baik dari tahun kemarin.

Pengawas Bapak Drs. Bambang Supriyono,MM,M.Pd. dalam memberikan pembinaannya lebih menekankan pada kesiapan Tim Akreditasi untuk memahami berbagai aturan dan isian yang harus dilakukan oleh SMA Negeri 7 Yogyakarta karena tanpa adanya kerja sama dari civitas akademika yang baik dan daya dukung dari semua warga sekolah kita tidak akan bisa berbuat banyak, karena isian dari 8 standar adalah masing-masing memiliki keterkaitan dengan unsur standar yang ada.

Disamping pembinaan secara administrasi Drs. Bambang Supriyono, MM,M.Pd. juga memberikan pembinaan 3 P agar sekolah ini disamping siap secara administrasi juga masalah penampilan, pelayanan dan prestasi SMA Negeri 7 tetap harus diperhatikan karena pesepsi masyarakat kita dalam menilai sebuah sekolah adalah dari 3-P tersebut dengan mengunjungi berbagai fasilitas yang ada dan memberikan beberapa catatan untuk lembaga ini supaya bisa berbenah diri secara baik.

Untuk Ibu Dra. Sri MUrtiningsih, M.Pd. dalam pembinaan kepada Tim Akreditasi SMA Negeri 7 Yogyakarta adalah dengan membedah instrumen akreditas dari 8 standar dengan sabar dan tekun selama 2 minggu lebih setiap ada kesempatan selalu datang ke seveners ketemua dengan tim untuk memberikan bekal secara intensi dengan menfecek sejauh mana dokumen yang dikumpulkan oleh teman-yeman guru sebagai bahan dan bukti pendukung untuk Akreditasi.

Sebagai konskwensi pembinaan Tim harus betul-betul paham dokumen instrumen dan dokumen fisik yang telah dikumpulkan teman-teman guru dicek betul-betul perstadnar dari 8 standar yang ada yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian.

Hasil akhir pembinaan dari kedua pengawas berharap supaya nantinya dalam pelaksanaan kegiatan penilaian Tim benar-benar sudah siap dan paham tentang dokumen dan data yang dimaui oleh Asesesor. Karena pelaksanaan penilaian diperkirakan awal oktober maka kedua pengawas tetap mewanti-wanti Tim akreditasi SMA Negeri 7 Yogyakarta dimohon tetap saling bau mebawu dan tukar dokumen agar bisa mencapai yang maksimal Semoga Sukses