Home » Berita » Agenda Pelti Kartika 2006

Agenda Pelti Kartika 2006

Published on November 25, 2006 — Ditulis oleh Staff SMA 7 | Kategori: Berita

Siraman pelantikan Pelti Kartika Pelantikan dan Pengukuhan “Anggota” Baru Pelti Kartika Bhakti Taruna Utama 2006/2007

Peleton Inti Kartika Bhakti Taruna Utama, sebuah peleton inti yang selalu berjuang untuk nama baik almamater, SMA Negeri 7 Yogyakarta. Untuk semakin mempertegas dan memperjelas keanggotaan seorang anggota Pelti Kartika 2006, diselenggarakanlah sebuah acara Pelantikan dan pengukuhan Anggota Pelti Kartka 2006. Acara yang diketuai oleh Vetta Medica A.S. ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 11-12 November 2006 di Kampus SMA Negeri 7 Yogyakarta.


Sabtu, 11 November 2006

Setelah seminggu penuh seluruh panitia mempersiapkan acara yang juga merupakan program kerja OSIS 2006 subsie Pelti ini dibuka oleh Bapak Kepala SMA N 7 Yogyakarta, Bapak Drs. Hardja Purnama sebagai pembina upacara dalam upacara pembukaan.

Banyak materi yang disajikan dalam bentuk seminar yang menarik oleh para pelatih ataupun kakak kelas yang juga terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) di Kota atau Provinsi. Adapun materi yang disajikan yaitu tata cara upacara, tata cara pemakaian seragam, table manner, evaluasi lomba PPI tingkat Kota Yogyakarta 2006 yang diikuti oleh anggota Pelti Karitka kelas X, XI, XII, sampai menyanyikan lagu mars Pelti Kartka.

Hari yang semakin gelap dan langit malam yang memerah menjadi saksi atas acara renungan yang langsung dilanjutkan acara sharing oleh para pelatih dan kakak kelas. Dalam acara renungan yang hanya bermodalkan penerangan dari satu lilin (karena semua penerangan yang ada di kampus SMA 7 dimatikan), para peserta diwajibkan mengisi sebuah buku kecil yang di covernya bergambar lambang Pelti Kartika dan berisi banyak pertanyaan yang dapat memantapkan hati dan diri untuk berjiwa peleton inti baik saat di SMA 7 ataupun sudah menjadi alumnus nantinya.

Acara terakhir di hari Sabtu, 11 November adalah prosesi tantingan. Dalam prosesi ini para peserta berpasangan putra dan putri melewati jalan yang telah dibuat panitia di bangsal Wiyata Mandala dari lilin yang berjajar rapi dengan urutan mencium Sang Merah Putih sebagai tanda bahwa seorang anggota Pelti Kartika bangga dan cinta terhadap tanah airnya, selanjutnya penandatangan buku tantingan yang telah diisi saat renungan oleh pelatih dan terakhir peserta menandatangani selembar kain putih.

Minggu, 12 November 2006

Matahari yang telah menampakkan sinarnya, menjadi tanda bahwa kegiatan PAB Pelti Kartika akan dimulai kembali. Senam pagi yang diisi oleh pelatih yang mengajarkan senam ala Pelti Kartika atau akrab disebut senam TB – TB yang biasa digunakan saat pentas seni di GTB (Gladi Taruna Bhakti).

Kesemaptaan adalah acara berikutnya yang harus diikuti oleh para peserta dengan didampingi oleh 1 atau 2 panitia yang bertugas menjadi kakak pendamping menempuh jarak sekitar sekitar 5 km dan melewati 3 pos dengan pelatih didalamnya. Kesemaptaan bertujuan penyamaan tempo, langkah, lambaian, materi dan menambah keserempakan dalam peleton setelah hampir 3 bulan menjalani latihan pembentukan peleton.

Acara yang paling ditunggu, prosesi pelantikan yang dilakukan oleh pihak sekolah yang diwakilkan oleh Wakil Kepala Sekolah sub urusan Kesiswaan, Bapak Harsanto B.A. dan disertai oleh para pelatih dan panitia. Prosesi yang berjalan khidmad dilanjutkan pressure time yang bertujuan melatih mental, konsentrasi dan kekompakan dalam peleton serta komunikasi antara komandan peleton dengan peleton yang dipimpinnya.

Ketenangan berubah menjadi ketegangan karena tekanan yang diberikan kepada peserta oleh pelatih maupun panitia sangat dirasakan para peserta. Tapi ketegangan itu pun luntur setelah seluruh panitia membuat barisan dengan menyanyikan mars dan tepukan khas Pelti Kartika untuk menyambut anggota Pelti Kartika kelas X yang baru saja dilantik, senyum dan tangis haru para peserta bersambut dengan ucapan selamat dan doa dari seluruh panitia dan pelatih.

Puncak acara yang bertemakan Satukan Hati Tingkatkan Prestasi ini adalah prosesi pengukuhan yang berisi penyematan pin merah putih dan deck yang bertuliskan Pelti SMA 7 oleh pihak sekolah dan pelatih.

Menurut panitia, acara ini secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, panitia tidak menemukan halangan atau rintangan yang berarti. "Acara ini sudah berjalan sesuai keinginan panitia secara garis besar, kurangnya koordinasi antar panitia saja yang cukup menyita waktu", kata Fathul Anwar yang menjabat sebagai sekretaris PAB Pelti Kartika 2006. "Pesan kami kepada anggota Pelti Kartika kelas X yang sudah dilantik dan dikukuhkan jaga nama baik Pelti Kartika dan SMA N 7 Yogyakarta sebagai almamater sesuai janji yang sudah diucapkan saat pengukuhan." tambahnya.

Memang tidak sampai disini saja kewajiban dan perjuangan sebagai Pelti Kartika 2006. Masih ada jalan panjang membentang yang harus dilewati walau seberapa terjal berlikunya jalan itu untuk membuktikan eksistensi seorang anggota Pelti Kartika yang sejati dan sebenarnya.