Home » Berita » Drs. H. Haryadi Suyuti Wakil Wali Kota Yogyakarta Sebagai Inspektur Upacara Lustrum V SMA Negeri 7 Yogyakarta

Drs. H. Haryadi Suyuti Wakil Wali Kota Yogyakarta Sebagai Inspektur Upacara Lustrum V SMA Negeri 7 Yogyakarta

Published on July 21, 2008 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

 

Tepatnya hari Senin Kliwon tanggal 21 Juli 2008 bertempat di Alun-Alun Selatan Yogyakarta diadakan upacara puncak lustrum V SMA Negeri 7 Yogyakarta yang dihadiri Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Pejabat dilingkungan Kecamatan Mantrijeron, Ketua dan Anggota Komite Sekolah, Mantan Kepala Sekolah guru dan karyawan SMA Negeri 7 Yogyakarta Kepala Sekolah se Kota Yogyakarta, Pejabat dilingkungan Kecamatan Mantrijeron dan sebagai inspektur upacara Bapak Drs. H. Haryadi Suyuti Wakil Wali Kota Yogyakarta.

Drs. H. Haryadi Suyuti Wakil Wali Kota Yogyakarta

 Pengibar bendera

Pelepasan Balon

Undangan Upacara

Pelepasan Merpati

Merupakan kehormatan bagi keluarga besar SMA Negeri 7 Yogyakarta atas berkenannya Wali Kota Yogyakarta memeberikan sambutan dalam upacara yang dibacakan oleh Bapak Drs. H. Haryadi Suyuti Wakil Wali Kota Yogyakarta dalam amanatnya beliau mengajak semua peserta upacara untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT bahwa hari ini SMA Negeri 7 Yogyakarta telah mencapai usianya yang ke-25 tahun. Sebuah perjalanan panjang yang tentu saja juga diwarnai dengan berbagai keberhasilan, pengalaman, dan evaluasi. Untuk itu saya ucapkan selamat ulang tahun, harapan saya dengan cermin sejarah selama 25 tahun berlalu, ke depan sekolah ini dapat belajar banyak untuk kemudian menentukan praktik-praktik terbaiknya dalam upaya menghasilkan anak-anak didik yang berkualitas dan sap di era global.Peningkatan pelayanan dan hasil pendidikan yang lebih bermutu, saat ini menjadi kebutuhan bersama yang harus segera dipenuhi. Mengingat Bangsa Indonesia sedang menghadapi masa depan yang penuh tantangan akibat dari krisis multidemensional sampai dengan globalisasi yang telah memperketat kompetisi global. Sehingga implikasi yang ditimbulkan sangat luas dan membutuhkan penyelesaian mendasar. Menghadapi tantangan tersebut tidak banyak pilihan yang tersedia, kecuali sejak kini, mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas sebagai strategi pembangunan masyarakat. Masalah pendidikan juga menjadi tantangan bagi Kota Yogyakarta sebagai pengemban predikat Kota Pendidikan, untuk itu pemerintah Kota Yogyakarta memberikan perhatian yang besar bagi pembangunan bidang pendidikan sesuai dengan yang tercantum dalam Visi Kota Yogyakarta yaitu “Kota Yogyakarta Sebagai Kota Pendidikan Berkualitas, Pariwisata Berbasis Budaya dan Pusat Pelayanan Jasa, Yang berwawasan Lingkungan.

Sebagai “Kota Pendidikan Berkualitas” dimaksudkan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Kota Yogyakarta harus memiliki standar kualitas yang tinggi, keunggulan kompetitif dalam ilmu dan teknologi yang berdaya saing tinggi, menciptakan keseimbangan antara kecerdasan (IQ), emosional (EQ) dan spiritual (SQ). Untuk itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu memberikan kepada anak didiknya ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan mengadopsi berbagai inovasi dan kemajuan jaman. Selain itu, yang lebih penting lagi adalah membekali ketauladanan budi pekerti yang luhur agar anak didik mampu membentengi diri dari arus perubahan jaman yang tidak semua berpengaruh positif.

Tentunya keluarga besar SMA Negeri 7 Yogyakarta mampu menunjukkan komitmennya mewujudkan pendidikan yang berkualitas tersebut. Rasa syukur atas Lustrumnya yang ke-5 hendaknya terwujud dengan semakin banyaknya dihasilkan calon-calon ilmuwan, cendekiawan, dan kaum intelektual, yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan bangsa oleh SMA Negeri 7 Yogyakarta. Anak-anakku peserta upacara yang saya banggakan. Menjadi generasi muda yang berkualitas, cerdas, berakhlaq mulia dan berkepribadian Indonesia saat ini merupakan sebuah tuntutan apabila kalian ingin meraih masa depan bangsa yang gemilang. Ada pepatah mengatakan bahwa “Pemuda hari ini adalah pemimpin hari depan”. Makna warna dan corak hari depan suatu bangsa ditentukan oleh pemuda masa kini. Pemuda adalah ujung tombak bangsa. Oleh sebab itu, anak-anak perlu membekali diri dengan “ilmu” agar menjadi pemuda yang tangguh.

Untuk bisa terus eksis dalam setiap persaingan dibututuhkan pemuda yang kreatif, cerdas dan inovatif menghadapi arus perubahan dan mampu bertahan saat multi krisis. Memiliki sikap optimisme juga menjadi kunci yang akan menghantarkan pemuda menuju kesuksesan. Untuk itu, saya mengajak anak-anakku lebih giat belajar, membekali diri dengan membentuk sikap, watak dan keribadian utama, serta mempunyai kemampuan nalar, ketrampilan dan kekuatan fisik yang tangguh. Selain itu, kami juga mengingatkan kepada seluruh pelajar untuk menjaga harmonisasi pergaulan di antara pelajar dengan mengedepankan kompetisi positif di bidang prestasi. Ingatlah bahwa masa depanmu bergantung pada upayamu saat ini. Sukses untuk segala civitas akademika SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Diakir amanatnya beliau berkenan memberikan selamat kepada komandan upacara dan para tamu undangan dilanjutkan memberikan hadiah kepada pemenang kompetisi bahasa  jawa untuk tingkat SMP dan SMA se Daerah Istimewa Yogyakarta diantaranya lomba geguritan, mocopatan, panatocoro/ MC bahasa jawa membaca berita mamakai bahasa jawa

Pemberian Hadiah bahasa jawa

Selesai upacara ditempat yang sama dilanjutkan lomba baris berbaris (LBB) Tingkat SMA se-Daerah Istimewa Yogyakarta dengan hasil kejuaraan sebagai berikut; juara 1 Pleton Putra SMA Negeri 3 Yogyakarta, juara 2 SMA Negeri 5 Yoyakarta, juara 3 SMA Negeri 9 Yogyakarta, Juara 1 Pleton Putri SMA Negeri 5 Yogyakarta, juara 2 SMA Negeri 2 Yogyakarta, juara 3 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, sedangkan DanTon terbaik untuk putra dari SMA Negeri 2 Yogyakarta dan putri SMA Negeri 5 Yogyakarta.

SMA Negeri 3 Yogyakarta

SMA Negeri 5 Yogyakarta

SMA Negeri 9 Yogyakarta

SMA Negeri 5 Yogyakarta

SMA Negeri 2 Yogyakarta

SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Dalam kesempatan ini pula kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dan ikut mensukseskan kegiatan lustrum V SMA Negeri 7 Yogyakarta.