Home » Berita » KKN Universitas Negeri Yoygakarta

KKN Universitas Negeri Yoygakarta

Published on August 8, 2010 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Sabtu Pahing tepatnya tanggal 7 Agustus 2010 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan PPL Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Tim Pengembang TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta mengadakan kegiatan workshop Pengembangan Course E-learning Berbasis Moodle dengan pembicara Bapak Herman Dwi Surjono, Ph.D. (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta) yang diikuti gBapak dan Ibu guru.

Portal elearning kini banyak dikembangkan dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Moodle merupakan salah satu LMS open source yang sangat populer. Moodle dapat dengan mudah dipakai untuk mengembangkan portal sistem e-learning. Dengan Moodle, portal e-learning dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Contoh portal elearning yang dikembangkan dengan LMS Moodle adalah http://besmart.uny.ac.id, http://elearning-jogja.org atau http://elearning-diy.org.

Dalam workshop bapak ibu guru diajak bertualnag dengan brbagai proses dan petunjuk pengembangan course dalam portal e-learning http://elearning- jogja.org dijelaskan berturut- turut: pendaftaran sebagai pengguna baru, mengubah profil pribadi, mengubah setting course, memasukkan materi pembelajaran, membuat tugas, membuat quiz, membuat forum dan chat. Oleh karena sifatnya yang praktis, maka langkah-langkah pengembangan ini sebaiknya diikuti dengan praktek langsung di depan komputer.

Banyak portal e-learning yang dikembangkan dengan LMS Moodle. Salah satu contoh adalah Besmart. Besmart dikembangkan dengan paradigma elearning terpadu menggunakan LMS Moodle. Agar kita dapat bekerja secara offline (dalam keadaan tidak terhubung ke Internet), maka kita perlu menginstal Moodle di Laptop atau PC. Dengan demikian, pada saat sedang online kita dapat mengedit halaman mata kuliah langsung ke Internet dan ketika sedang tidak online kita dapat melanjutkan pekerjaan tersebut di Laptop/PC.

Bapak dan Ibu guru SMA Negeri 7 Yogyakarta juga belajar tentang tahapan dalam menginstal Moodle di Laptop/PC dengan menggunakan Moodle Windows Installer adalah (1) meng-ekstrak file MoodleWindowsInstaller-latest-19.zip, (2) menginstal Moodle, (3) mengkonfigurasi portal elearning. Tulisan ini akan menjelaskan secara praktis langkah-langkah tersebut sehingga bisa dikerjakan dengan mudah.