Home » Berita » LHB Kelas X menggunakan Format Baru

LHB Kelas X menggunakan Format Baru

Published on January 28, 2009 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Pada tahun ajaran 2008/2009 untuk SMA Negeri 7 Yogyakarta untuk kelas X (sepuluh) semester satu menggunakan format sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 12/C/KEP/TU/2008 tentang Bentuk dan tata Cara Penyusunan Laporan hasil Belajar (LHB) peserta didik Satuan Pendidikan Dasar dan Mengenah.

Pada Prinsipnya tidak ada perbedaan yang menyolok pada kaver depan dan identitas sama dimana pada nilai hasil belajar terdiri dari komponen, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan pada nilai hasil belajar tetap memuat aspek pengetahuan, praktik, dan sikap. Sedangkan pada lembar narasi atau pada ketercapaian Kompetensi peserta didik masih relatif tetap sama .

Dalam aspek pengembangan diri yang indikatornya Kegiatan Ekstrakurikuler tetap sama sedangkan pada lembar ini ada Keikutsertaan dalam Organisasi/ Kegiatan di Sekolah yang pada rapor yang terdahulu belum muncul sekarang muncul yang menjadi persoalan tersendiri mengingat aktivitas anak harus diketahui oleh pihak sekolah dan dicantumkan dalam kolum tersebut. Sebagai solosunya adalah perlu ada kolaborasi antara Kesiswaan dengan para pembina dan sub koordinator bina program baik itu yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah (olimpiade) atau non ilmiah harus terditeksi lebih dini sehingga dalam pengisijan kolom ini tidak terjadi kesalahan.

Ada yang baru dalam Laporan Hasil Belajar Siswa (LHB) yaitu tentang Akhlak Mulia dan Kepribadian yang terdiri dari; kedisiplinan, kebersihan, tanggungjawab, sopan santun, percaya diri, kompetitif, hubungan sosial, kejujuran dan pelaksanaan ibadah ritual. Sebenarnya materi tersebut tidak baru akan tetapi diperinci lebih detail, akan tetapi menjadi problema tersendiri bagi sekolah yang menggunakan rapot cetakan bukan menggunakan komputer. Sehingga solosusi adalah dengan memperhatikan materi yang ada diatas maka sebaiknya raport dikomputer.

Adapun kriterianya materi akhlak Mulia dan Kepribadian adalah kedisiplinan, kebersihan, tanggungjawab, sopan santun, percaya diri, kompetitif, hubungan sosial, kejujuran dan pelaksanaan ibadah ritual lihat pada TABEL NILAI AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN

 

Switch to our mobile site