Home » Berita » MASYARAKAT YOGYA GELAR PERINGATAN 1 ABAD PANGSAR JENDRAL SUDIRMAN

MASYARAKAT YOGYA GELAR PERINGATAN 1 ABAD PANGSAR JENDRAL SUDIRMAN

Published on January 23, 2016 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

sudirmannMasyarakat Yogyakarta secara spontan berencana menggelar peringatan 1 Abad Panglima Besar Jendral Sudirman besok Minggu 24 Januari 2016 mulai pukul 08.00 WIB dengan acara tahlil dilanjut tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta.

Mas Ngabehi Tatok Pujodiprojo selaku inisiator acara mengatakan jasa perjuangan dan suri tauladan hidup Panglima Besar Jendral Sudirman selalu relevan untuk dikenang dan dijadikan inspirasi bagi perjalanan bangsa Indonesia. “Beliau adalah sosok patriot sejati pembela kedaulatan NKRI sampai titik darah penghabisan. Bahkan disaat sakit sekalipun tetap menolak permintaan para pemimpin bangsa untuk beristirahat, beliau tak mau meninggalkan anak buah dan tetap gagah berani memimpin pasukan. Strategi perang gerilya yang beliau terapkan untuk melawan kaum penjajah kini bahkan menjadi model perang yang ditiru banyak negara,” ujarnya.

Mas Ngabehi Tatok Pujodiprojo mengatakan acara doa tahlil dan tabur bunga terbuka untuk umum. Untuk itu ia mengajak masyarakat luas yang peduli terhadap perjuangan Pangsar Sudirman berkenan hadir. Ia mengaku telah menyebar undangan ke sejumlah kepala daerah, pejabat tinggi miiter, kepolisian, ormas kepemudaan, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat.

Sudirman lahir di Purbalingga pada 24 Januari 1916 dan wafat tanggal 29 Januari 1950 di usia 34 tahun. Pada 10 Desember 1964 Sudirman ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia melalui Kepres No 314 Tahun 1964. Saat ini terdapat sejumlah museum yang didedikasikan untuknya. Antara lain museum di Purbalingga, museum Sasmitaloka yang merupakan rumah dinasnya di Yogyakarta, museum di Magelang dan museum di Pacitan. Di museum Monumen Yogya Kembali dan museum Satria Mandala Jakarta juga memiliki ruang khusus untuk menghormati Pangsar Sudirman.