Home » Berita » Pelajaran Bahasa Jepang: SMA 7 Hadirkan Penutur dari Jepang

Pelajaran Bahasa Jepang: SMA 7 Hadirkan Penutur dari Jepang

Published on December 9, 2006 — Ditulis oleh Staff SMA 7 | Kategori: Berita

pemb-jepang.jpg “Bahasa menunjukkan bangsa”, demikian kata pepatah. Untuk mewujudkan harapan pembelajaran bahasa yang kondusif dan merealisasikan implementasi makna pembelajaran bahasa asing sebagai modal utama berinteraksi secara global, selain bahasa Inggris SMA Negeri 7 Yogyakarta juga memberikan pelajaran bahasa Jerman dan Jepang.


Berbagai cara ditempuh untuk memudahkan siswa memahami pembelajaran di sekolah. Selain pembelajaran di kelas dengan berbagai macam metode dan media seperti penggunaan Laboratorium Bahasa, SMA Negeri 7 Yogyakarta juga mengundang nara sumber dan penutur asli dari Jepang. Pada tanggal 8 Desember 2006 Naoko Ito Phd. yang saat ini juga menjadi dosen tamu di Universitas Gadjah Mada mempresentasikan tentang negara Jepang dari kondisi geografi, musim, sosial dan budaya. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengajarkan dan mempratekkan cara memakai kimono serta kegunaannya yang sangat menambah pengetahuan siswa tentang negara Jepang. Diharapkan dengan presentasi dan kegiatan semacam, pembelajaran bahasa termasuk pengenalan budaya dan bangsa Jepang semakin menarik.

Dalam pembelajaran bahasa Jepang SMA Negeri 7 Yogyakarta telah berhasil mengirimkan siswanya mewakili Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ke SMA Taruna Nusantara untuk mengikuti seleksi ke tingkat nasional atas nama Rayyan Romi Abdala dan Ajeng. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Japan Foundation.