Home » Berita » Pengajian Guru dan Karyawan

Pengajian Guru dan Karyawan

Published on August 6, 2010 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Jum’at legi tanggal 6 Agustus 2010 mengadakan pengajian rutin guru dan karyawan dalam rangka menjelang bulan puasa di ruang AVA SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan pembicara Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si.

Acara diawali dengan sambutan kepala sekolah bapak H. Mawardi menyampiakan bahwa pengajian rutin untuk guru dan karyawan merupakan salah satu kegiatan peningkatan iman dan taqwa kita disela-sela kesibukan kita dalam proses belajar mengajar tetap kita jalankan. Dengan pengajian ini kita teap memiliki loyalitas dan pengadian kepada lembaga ini sehingga bisa ikut serta dalam memajukan dan mencerdaskan peserta didik kita

Pengajian menjelang bulan puasa mengangkat tema “Gerakan menghidupkan Bulan Romadlon” yang disampaikan bapak Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si. diantaranya mengangkat dua hal yaitu keistimewaan bulan romadlon dan amalan menghidupkan romadlon.

Keistimewaan bulan romadlon begitu lepas dari bulan romadlon, setiap mukmin mendambakan untuk mendapatkan bulan romadlon berikutnya. Betapa tidak karena didalamnya banyak mengandung berbagai keistimewaan dibandingkan bulan-bulan yang lainnya. Hal ini bisa dilihat karena bulan romadlon adalah bulan penggemblengan menuju taqwa. Sedangkan ketaqwaan adalah ukuran kemulyaan manusia di mata Allah SWT.

Bulan romadlon adalah bulan diturunkannya Al-Quran. Sedangkan Al-Quran adalah pedoman dan petunjuk menuju kebahagiaan hidup di dunia sampai akherat. Allah berfirman (QS Al-Baqoroh : 185) yang artinya “Bulan romadlon yang diturunkan didalamnya al-quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan serta memisahkan yang benar dan yang batil”

Bulan romadlon adalah bulan yang didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan itulah yang disebut lailatul qodar, Bulan romadlon adalah bulan dihapuskannya dosa-dosa, bulan dilipat gandakannya pahala dan bulan dibukakannya pintu-pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka dan dibelenggunya setan-setan.

AMALAN MENGHIDUPKAN ROMADLON

  1. Kerjakan puasa dengan penuh ikhlas semata-mata mencari ridlo Allah swt sesuai dengan syarat dan rukunnya, serta sempurnakanlah dengan amalan-amalan sunat yang mengiringinya
  2. Jangan lepaskan sholat fardlu tanpa berjamaah di MAsjid/Mushola. Hal ini disamping untuk menghidupkan masjid dan bulan romadlon, sholat berjamaah itu bernilai 27 derajat dibanding sholat sendirian
  3. Semarakkan dengan tadarus dan mengaji Al-Quran bersama, saling simak menyimak dalam kelompok, baik di masjid/mushola
  4. jadikan bulan romadlon bulan pendidikan
  5. Perbanyak infak dan shodakoh
  6. Semarakkan dengan acara buka bersama di masjid dan mushola

Begitu istimewanya bulan romadlon, naka persiapkanlah dengan berbagai amalan untuk menghidupkannya. Janganlah romadlon berlalu tanpa ada amalan maksimal yang mestinya bisa kita lakukan.