Home » Sambutan Koordinator TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta

Sambutan Koordinator TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta

Saya selaku orang yang dituakan dalam admin situs SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan memperhatikan fenomena dunia teknologi informatika dan komunikasi termasuk perkembangan teknologi otomasi adalah penunjang utama dalam proses belajar mengajar, dalam hal ini teknologi komputer benar-benar telah memasuki revolusi peradaban yang memungkinkan pekerjaan-pekerjaan rutinitas guru yang secara manual akan ditinggalkan dan beralih ke teknologi informasi dan komunikasi secara cepat, akurat dan efisien.

Dengan adanya dukungan teknologi informasi guru SMA Negeri 7 Yogyakarta mau tidak mau harus dapat mentransfer informasi dalam bentuk audio visual misalnya Direct Broadcasting Satellite (DBS), disamping itu dengan melalui ISDN (Integrated Service Digital Network) komponen pendidikan (guru, karyawan, siswa dan orang tua dapat saling mengkomunikasikan aneka ragam informasi mulai dari suara, data, teks, gambar diam dan bergerak seperti dalam Yahoo Messenger.

Kebutuhan komponen pendidikan diantara guru, siswa, karyawan akan akses internet dari tahun ke tahun semakin meningkat sehingga diharapkan dalam beberapa tahun ke depan dengan mengembangkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), layanan guru, karyawan, siswa dan orang tua dapat dilakukan secara online walaupun sekarang sudah sifatnya masih terbatas dengan kategori tingkat mapan belum sampai kepapan puncak mutakhir. Hal ini seperti tertuang dalam rencana induk pengembangan TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta yang dicita-citakan oleh Sekti Kusmaning Jati sebagai “Cyber Seveners” dapat tercapai.

BANDWIDTH SHARING INTERSAT – SMA Negeri 7 Yogakarta PT Widya Intersat Nusantara telah bekerja sama dengan SMA Negeri 7 yogyakarta sejak tahun 2003 dalam hal penyediaan sambungan internet dan pengembangan jaringan lokal (LAN), dengan sistem koneksi point to point yang menjamin kualitas sambungan internet terbaik dan tidak mudah terganggu interferensi antar frekuensi wireless yang semakin padat. Kapasitas bandwidth internet di SMA Negeri 7 yogyakarta sebesar 128 Kbps (1:1). Kapasitas ini masih efektif untuk digunakan hingga 45 unit komputer secara bersamaan (concurrent) tahun pelajaran 2007/2008 akan dinaikkan menjadi 256 Kbps, sehingga dapat digunakan semua komputer yang ada sekolah.

Drs. Bandono, M.M
Koordinator TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta