Home » Berita » SAR DIY Sukses Evakuasi ERY YUNANTO

SAR DIY Sukses Evakuasi ERY YUNANTO

Published on May 20, 2015 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

evakuasiJenazah Eri Yunanto, 21, yang jatuh ke kawah Merapi berhasil dievakuasi oleh tim SAR, Selasa (19/5/2015) dan tiba di lokasi penjemputan, Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, pukul pukul 16.25 WIB. Ditemukan luka bakar di tubuh Eri.

Korban langsung dibawa ke RSUD Pandanarang, Boyolali untuk kemudian di bawa ke kediaman, di Sleman, Jogja. Saat di bawa ke RSUD, keluarga korban sudah menunggu. Sementara ambulans milik PMI Sleman juga sudah stand by di RSUD Pandanarang.

Alhamdulillaah.. Akhirnya dgn ridho Allah SWT evakuasi Erry Yunanto dari kawah Merapi berjalan mulus dilakukan oleh SAR DIY dkk. Dan SAR DIY Brotoseno berkenan mendampingi jenazah hingga ke rumah duka di dusun Biru, Trihanggo, Sleman hingga pemakamannya selepas isya Selasa 19 Mei 2015.

Hanya mukjijat dari YMK lah yg bisa menguatkan tim penyelamat dengan hanya menggunakan gas mask (artinya tetap menghirup udara dari luar) bisa kebal terhadap gas beracun yg dari logika ilmiahsangat bisa berakibat fatal, Kawah merapi itu mengeluarkan gas-gas maut antara lain H2S (IDLH 100 ppm, sudden death 750-1000 ppm); CO (IDLH 1200 ppm), CO2 (IDLH 40.000 ppm) dan SO2 (IDLH 100 ppm). IDLH = Immediately Dangerous to Life and Health (sangat bahaya terhadap jiwa dan kesehatan). PPM = Part per million = bagian dalam sejuta. 1 ppm = 0.0001 % dalam volume.

Belum lagi bahaya panah uap yg ternyata selama proses evakuasi masih bisa ditolerir oleh tubuh para evakuator meskipun tanpa baju tahan api (fire suit) Dalam wawancara dengan RRI pro-1 Selasa sore Brotoseno mengatakan kulit tubuh mereka para evakuator itu adalah pakaian tahan api ciptaan YMK sehingga tidak merasa tersiksa dgn panas uap yg ada.
Bravo SAR DIY dan Para Penyelamatan Erry.. Semoga Tuhan YMK tetap memelihara kesehatan dan keikhlasan anda semua dalam aktifitas sosial.

AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM