Home » Berita » Seminar Nasional Konvergensi Media

Seminar Nasional Konvergensi Media

Published on July 28, 2010 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Tepatnya Selasa Legi tanggal 27 Juli 2010 Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC) Yogyakarta mempunyai hajatan akbar dalam rangka ulang tahun ke 25 mengadakan seminar nasional yang bertajuk Generasi Kreatif di Era Konvergensi Media. Tema tersebut sengaja diangkat karena berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology/ICT) selama dekade ini membawa tren baru di dunia industri penyiaran yaitu dengan hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi informasi dan teknologi komunikasi massa konvergensi

Fenomena ini sering disebut penggunaan multimedia secara bersamaan antara lain video, data dan suara dapat diakses sekaligus ke dalam seperangkat media. Diranah paktisi konvergensi media bukan saja memperkaya informasi yang disajikan, melainkan juga memberi pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Konvergensi media memberikan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik yang bersifat visual, audio, data dan sebagainya.

Gaya hidup manusia modern akan banyak ditentukan oleh platform teknologi komunikasi dan inoformasi atau biasa disebut sebagai era konvergensi media. Pergeseran ke platform internet protokol (IP) metwork menjadi solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi umat manusia saat ini. Dengan IP Network maka kehidupan komunikasi, informasi, hiburan dan pekerjaan akan berbasis pada internet selain tiu era konvergensi akan mendorong manusia untuk lebih produktif dalam bekerja.

Pemanfaatan IP network bukan hanya akan mengubah gaya hidup, tetapi membuat manusia semakin efektif dan efisien menggunakan sumber daya yang ada dengan capaian hasil yang maksimal. Sejalan dengan perkembangan teknologi ICT, pengetahuan dan ketrampilan SDM juga harus meningkat dimana zaman sekarang tuntutan kepada generasi kita yang kreatid dalam menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam media yang terintegrasi.

Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis ke 25 tahun Sekolah Tinggi Multi Media “”MMTC” dibuka secara resmi hari ini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Internasional dan Kesenjangan Digital Prof. Dr. Ing. Kalamullah Ramli, M. Eng di Auditorium MMTC Yogyakarta. yang diikuti kurang 400 peserta termasuk TIM TIK Seveners (Mr-Bands-Redy dan Mr-Besar) dan dosenm pengajar dibidang penyiaran dan multimedia, praktisi penyiaran, mahasiswa serta para pejabat dilingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Beberapa nara sumber yang menyampaikan makalahnya antara lain Direktur Berita TV One Nurdjaman Muchtar, Direktur VOA Indonesia Frans Padak, Presenter TV One Tina Talisa dan Arswendo Atmowiloto sebagai Budayawan.

Pada sambutan pembukaannya Prof. Dr. Ing. Kalamullah Ramli, M.Eng mengemuka tentang pentingnya Industri kreatif digital karena merupakan perpaduan dari seni, budaya, teknologi informasi, media dan layanan bisnis yang akan mendorong industri dalam pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksplotasi daya kreasi dan daya cipta individu.

Bersamaan dengan kegiatan seminar nasional ini, juga digelar pameran yang diikuti oleh TV One, VOA Indonesia, PT. Data Video, Spektra Komputer, Andy Offset, Media Presindo, Melia Purosani Hotel, Clarissa Cosmetics serta beberapa diplay dari Honda dan Suzuki.