Home » Berita » SMA N 7 Juara KIHAJAR Award

SMA N 7 Juara KIHAJAR Award

Published on October 20, 2012 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Dari hasil penilaian lomba Kita Harus Belajar (KIHAJAR) Tahun 2012 penghargaan TIK untuk pendidikan yang dilakukan oleh pantia lomba dari tanggal 13 September sampai dengan 21 September 2012 pada portofolio dan visitasi Balai Teknologi Komunikasi Pendidkan (BTKP) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikomandani Ibu Dra. Tugini Trihayati hadir di tiap Kabupaten dan Kota untuk melihar dengan dekat ke sekolah-sekolah sebagai peserta lomba.

Festival e-Pendidikan Piala KIHAJAR merupakan suatu kegiatan terpadu, terdiri dari 5 rangkaian kegiatan yang saling sinergi dan terkait satu sama lain. Rangkaian kegiatan tersebut yaitu (1)Anugerah TIK untuk Pendidikan, (2)Lomba Pengembangan Media Pembelajaran, (3) Kuis TV Edukasi (Kihajar), (4)seminar, dan (5) pameran. Peserta dalam kegiatan ini yaitu siswa, guru, sekolah, dan lembaga baik di bawah kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama.

Secara umum tujuan “Festival e-pendidikan Piala “KIHAJAR” adalah untuk menumbuhkan budaya pengembangan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan TIK serta menumbuhkan budaya belajar dan berkompetisi untuk meraih pendidikan yang maksimal

Kriteria lomba meliputi penilaian sekolah yang meliputi profil sekolah visi,misi dan prestasi sekolah, Infrastruktur meliputi Prasarana, sarana, bandwith internet, sistem layanan yang dikembangkan untuk pembelajaran, rasio antara komputer dengan siswa di laboratorium komputer, Sumber Daya Manusia meliputi e-pembelajaran, e-administrasi, sistem pendukung, Program TIK meliputi pengembangan infrastruktur, pengembangan SDM dan daya dukung anggaran dan pemeliharaan pengembangan TIK.

Instrumen penilaian guru penghargaan KIHAJAR kategori Guru peduli TIK meliputi profil pemenafaatan TIK untuk pembelajaran meliputi pembelajaran berbasis TIK, intensitas komunikasi dalam pembelajaran TIK, evaluasi pembelajaran berbaisis TIK dan Prestasi guru meliputi karya dibidang pengembangan jaringan internet, karya dibidang pengembangan Bahan ajar, karya dibidang pengembangan aplikasi untuk pendidikan, penghargaan dibidang TIK, Sumber Daya Manusia pelatihan TIK yang telah diikuti, aktifitas dalam organisasi TIK dan Program TIK yang berhubungan dengan rencana pengembangan bahan ajar dan rencana pembelajaran berbasis TIK.

Untuk hasil kejuaran untuk tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kategori sekolah peduli e pendiidkan juara 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan nilai 105, juara 2 SMA Negeri 2 Sewon Bantul dengan nilai 97, juara 3 SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan nilai 88, juara 4 SMA Negeri 1 Wates dengan nilai 82, juara 5 SMA Negeri 1 Pakem Sleman dengan nilai 69

Untuk hasil kejuaran untuk tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kategori Guru peduli e pendiidkan juara 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta atas nama Rudy Prakanto, S,Pd,,M.Eng dengan nilai 80, juara 2 SMA Negeri 7 Yogyakarta atas nama Drs. Puji Suharjoko dengan nilai 69, juara 3 SMA Negeri 2 Sewon Bantul atas nama Maharjono, S.Pd. dengan nilai 59, juara 4 SMA Negeri 1 Wates atas nama Sugito, S.Pd. dengan nilai 54, juara 4 SMA Negeri 1 Pakem Sleman atas nama Dra. Harum Hariningsih dengan nilai 41.