Home » Berita » SMA N 7 Yk Klasifikasi Akreditasi A

SMA N 7 Yk Klasifikasi Akreditasi A

Published on December 1, 2009 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Pada Senin Paing tanggal 30 Nopember 2009 Bapak Drs. H. Mawardi Kepala SMA Negeri 7 Yogyakarta menerima Surat Keputusan (SK) Akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi di DIY yang penyerahannya di lakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi DIY Drs.Tavip Agus Rayanto.MSi mewakili Gebernur DIY Sri Sultan HB X di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

Menurut Kepala Badan Akreditasi Provinsi DIY Drs.Suhadi dalam laporannya menjelaskan bahwa kehgiatan Akreditasi yang dilakukan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah(BAPS/M) tahun 2009 sesuai dengan pasal 87 PP Nomor 19 tahun 2005 Mendiknas menetapkan Permen nomor 29 tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Dan sebagai tindak lanjut dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tersebut Gubernur DIY telah menetapkan pembentukan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAPS/M) Provinsi DIY . Sebagai implementasi peraturan dan perundangan tersebut BANS/M serta BAPS/M di Provinsi DIY menyusun program kerja sebagai acuan Akreditasi untuk Tingkat RA, TK, SD/MI, SMP/MTS, SLB,
SMK, SMA/MA, yang ada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Seusai menyerahkan SK Akreditasi bagi Sekolah RA, TK, SD/MI, SMP/MTS, SLB, SMK, SMA/MA, SMAK yang ada di Provinsi DIY tahun 2009 Gubernur DIY dalam sambutannya tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DIY mengatakan bahwa Akreditasi sekolah merupakan legiatan penilaaian yang dilakukan oleh BAPS/M yang berwenang untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal di setiap jenjang dan jenis pendidikan, berdasarkan criteria yang telah ditetapkan. Kebijakan ini ditetapkan tandas Gubernur DIY sebagai bentuk akuntabilitas public yang dilakukan seacara obyektif, adil, tranasparan dan komprehensif dengan menggunakan instrument dan criteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan. Dan hasil yang diperoleh dapat menggambarkan secera utuh kondisi ke;layakan atau potret Sekolah/Madrasah tesebut. Karena pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah harus dipertanggungjawabkan baik dari sisi penilaian maupun kekhususannya, sesuai dengan aturan dan prosedur yang ditetapkan
.
Dengan diserahkannya SK Akreditasi sekolah ini Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui Tavip Agus Rayanto mengharapkan agar hasil akreditasi sekolah dan Madrasah ini dapat dijadikan sebaga acuan dalam upaya peningkatan mutu Sekolah/Madrasah dan rencana pengembangan Sekolah/Madrasah. Selain itu lanjut Gubernur DIY juga dapat memotivasi Sekolah/Madrasah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana dan kompetetif, baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional bahkan regional dan Internasional.

Adapun nilai akreditasi SMA Negeri 7 Yogyakarta untuk komponen ; 1) standar isi dengan nilai 91,67, 2) standar proses dengan nilai 80,00m 3) standar kompetensi lulusan dengan nilai 95,00, 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan dengan nilai 90,00, 5) standar sarana dan prasarana dengan nilai 98,33, 6) standar pengelolaan dengan nilai 93,75, 7) standar pembiayaan dengan nilai 93,00, 8) standar penilaian pendidikan dengan nilai 98,75 sehingga nilai akir adalah 92,70 dalam klasifikasi akreditas A (amat baik).