Home » Berita » SMA N 7 Yk Menyembelih 2 Sapi dan 2 Kambing

SMA N 7 Yk Menyembelih 2 Sapi dan 2 Kambing

Published on October 7, 2014 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

DSC04363Hari Raya Idhul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat suatu kegiatan yakni penyembelihan hewan ternak (Kurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah Swt. Sedangkan penyembelihan hewan ternak (kurban) secara etimologi berasal dari kata bahasa Arab, yakni Qaraba, Yaqrabu, Quban wa qurbanan wa qirbanan yang meliki arti dekat. Jadi, kurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya.

Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan.

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Senin 6 Oktober 2014 SMA Negeri 7 Yogyakarta pihak sekolah memberikan kepercayaan kepada peserta didiknya dengan panitia yang dibentuk ROHIS untuk latihan qurban dengan menyembelih 2 sapi dan 2 kambing sebagai bentuk melatih dan memperdalam makna idul qurban dengan membagikan daging yang berhak menerima disekitar sekolah ,