Home » Akademis » SMAN 7 Yk Akreditasi A

SMAN 7 Yk Akreditasi A

Published on December 28, 2014 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Akademis, Berita

Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah membawa konsekuensi tersendiri terhadap teknis penyelenggaraan Akreditasi Sekolah, dan salah satunya adalah berkaitan dengan instrumen yang digunakan. Mulai tahun 2008, untuk mengukur kelayakan SMA/MA dalam kegiatan Akreditasi telah digunakan instrumen baru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendiknas No. 52 Tahun 2008 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Menengah Atas-Madrasah Aliyah.

Rabu Pon 1 Oktober 2014 dan Kamis Wage tanggal 1 dan 2 Oktober 2014 SMA Negeri 7 Yogyakarta telah divisitasi akreditasi sekolah oleh asessor yaitu Bapak Drs. Ismudari, M.Pd. dan Bapak Drs. Heri Sujana, M.Pd. tepat jam 08.00 WIB datang disambut oleh Kepala Sekolah Drs. Budi Basuki, M.A., Ketua Komite Ir. Hadi Prabowo dengan Tim Akreditsi sekolah melalui pintu gerbang dengan pager betis Pleton Inti KARTIKA melalui aba-aba Komandan Pleton dengan memberikan penghormatan sebagai bentuk selamat datang di SMA Neegri 7 Yogyakarta.

Sebelum melaksanakan penilaian assesor kepala sekolah dan komite sekolah transit terlebih dahulu diruang kepala sekolah didampingi Tim akreditasi untuk mebicarakan pelaksanakaan penilaian yang akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu, diawali kunjungan dilingkungan sekolah diantaranya mengunjungi ruang komite sekolha, ruang bimbingan dan konseling, ruang tata usaha, laboratorium, tempat ibadah dan ruang guru dan kantin sebagai kunjungan terakir sebagai bentuk melihat secara langsung 3 P penampilan, pelayanan dan prestasi. Kemudian dilanjutkan pelaksanaan penilaian diruang pertemuan digedung lantai 2 sisi barat bangsal Wiyata Mandala.

Dalam pelaksanaan penilaian akreditasi Bapak Drs. Ismudari, M.Pd. menjelaskan bahwa fisitasi akreditasi yang dilakukan assesor adalah merupakan sebuah proses penilaian dokumen yang telah disiapkan oleh Tim akreditasi sekolah untuk itu bapak ibu yang sudah ditunjuk oleh sekolah dan diberi tanggung jawab dokumen nantinya bisa kerja sama dengan assesor untuk kita lihat dan masing-masing assessor nantinya dalam menilai akan disilang untuk memperoleh gambaran yang pasti tentang sekolah ini dalam bentuk 8 standar.

Sebagai penanggung jawab standar Isi penanggungjawab Amudiono, S.Pd. , 2 standar proses penanggungjawab Dra. Dorotea, 3. standar kompetensi lulusan penanggungjawab Farida, S.Pd., 4. standar pendidik tenaga kependidikan penanggungjawab Ibu Feri, harini ini tanggal 1 oktober dengan Drs. Ismudari,M.Pd. 5.standar sarana dan prasarana penanggungjawab Ibu Lilik Lina Heni, S.Pd.6. standar pengelolaan penanggungjawab Ibu Ratmitun, 7. standar pembiayaan penanggungjawab Dra. Sri Suhartini, dan 8.standar penilaian Drs. Bandono.MM. dengan Bapak Drs. Heri Sujana, M.Pd. dan besuk pagi tanggal 2 Oktober 2014 penialaian silang.

Berdasarkan Petikan Keputusan Badan Akreditasi Propinsi Sekolah (BAP S) Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor : 16:01/BAP-SM/TU/X/2014 Tentang Penetapan hasil Akreditasi Sekolah dengan Memperhatikan hasil rapat Pleno Penetapan hasil Akreditasi Badan Akreditasi Propinsi Sekolah Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2014 Memumustkan dan Menetapkan SMA Negeri 7 Yogyakarta dinyatakan terakreditasi dengan nilai 95 peringkat A (Amat Baik) dengan perincian sebagai berikut:1 Standar Isi : Nilai 94,44, 2 Standar Proses : Nilai 77,78, 3 Standar Kompetensi Lulusan : Nilai 98,00, 4 Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan : Nilai 93,75, 5 Standar Sarana dan Prasarana : Nilai 96,67, 6 Standar Pengelolaan : Nilai 100,00, 7 Standar Pembiayaan : Nilai 97,92, 8 Standar Penilaian Pendidikan : Nilai 100,00.