Home » Berita » SMAN 7 YK JUARA 1 SEKOLAH KATEGORI MANDIRI

SMAN 7 YK JUARA 1 SEKOLAH KATEGORI MANDIRI

Published on January 1, 2013 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

SMA Negeri 7 Yogyakarta kembali meraih prestasi dalam pelaksanaan Sekolah Kategori mandiri (SKM) sebagai juara 1 se- Kota Yogyakarta.
Dalam pemetaan mutu SMA Kota Yogyakarta telah dilakukan Dinas Pendidikan Kota dengan ferifikasi meliputi keterlaksanaan SKM, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PNKL) dan sebagai Sekolah Rujukan Pusat Sumber Belajar (PSB).
Sebelumnya 2 tahun berturut-turut tahun ajaran 2010/2011 dan 2011/2012, SMA Negeri 7 Yogyakarta mendapat juara 3 Tingkat Nasional dalam pelaksaan SKM. Penilaian dilaksanakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pembinaan SMA Kemdikbud. Maka tidak mengherankan Ditjen Pembinaan SMA sering merekomendasi SMA Negeri 7 Yogyakarta menjadi tujuan studi banding.

Didampingi Drs. Bandono, MM (penanggung jawab SKM) dan Amudiono, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum) Kepala Sekolah Dra. Reni Herawati, M.Pd.B.I. mengatakan, tindak lanjut dari prestasi ini, semua warga sekolah perlu meningkatkan motivasi dan kerja sama yang baik terbangun dengan kebersamaan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Komponen yang harus ditingkatkan adalah standar proses karena akan mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil pendidikan.

Untuk sekolah akan mengadakan pembinaan kepada guru tentang pembelajran efektif dengan ICT Based Learning seperti yang diharapkan dalam Kurikulum 2013.
Koordinator TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta (Bandono) menambahkan bahwa pelaksanaan program Rintisan Sekolah Kategori mandiri (RSKM) sejka tahun 2007. Program tersebut selanjutnya dikemabngkan sejak 2010 melalui program terintegrasi.

Program tersebut dilakukan dalam tiga tahapan pembinaanyaitu penataan (2010) pengembangan (2011) dan pemantapan (2012).