Home » Berita » SMAN 7 Yogyakarta, Unggulan Terbaik

SMAN 7 Yogyakarta, Unggulan Terbaik

Published on June 9, 2006 — Ditulis oleh Staff SMA 7 | Kategori: Berita

Sleman, Kompas – SMA Negeri 7 Yogyakarta terpilih sebagai Juara I kategori SMA/MA Unggulan Terbaik, dalam malam Anugerah Damandiri 2006, yang diadakan pertengahan bulan ini, di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, SMA Negeri 7 Yogyakarta mengalahkan sembilan finalis SMA/MA terbaik. Seluruh finalis telah mengalahkan 190 SMA.

Kepala SMA Negeri 7 Yogyakarta, Drs Hardja Purnama, dalam siaran persnya yang diterima Kompas, Kamis (26/1), mengatakan keberhasilan sekolahnya mendapatkan penghargaan itu tidak lepas dari kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Universitas Airlangga. Kedua universitas yang menjadi mitra kerja Yayasan Damandiri itu telah memberikan pelatihan di SMAN 7 Yogyakarta, berupa kegiatan pendalaman materi ujian nasional, permagangan guru, pelatihan kewirausahaan siswa, dan pemberian dana bergulir.


“Sekolah unggul memiliki misi dan tujuan yang jelas dalam mengembangkan sekolah, dengan memadukan academic skill, life skill, dan vocational skill,” kata Hardja. Ia menambahkan, sekolah memiliki sejumlah program yang jelas dalam memberdayakan siswa. Tujuannya, agar siswa siap menempuh pendidikan di perguruan tinggi, memiliki kecakapan untuk mengembangkan diri di masyarakat, serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Hardja juga berharap agar sekolah bisa menyiapkan siswa, agar sesuai dengan kebutuhan di masyarakat dan dunia industri. Ia menambahkan, pihaknya juga berusaha mengembangkan kualitas sumber daya manusia, baik untuk penyelenggara pendidikan maupun bagi peserta didik.

Untuk pelajaran pengembangan wawasan khusus, SMAN 7 Yogyakarta bekerja sama dengan UGM, UNY, UAD, UII, STIE YKPN, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Malam penganugerahan Damandiri Award 2006 itu juga dihadiri sejumlah mantan pejabat dan pejabat pemerintahan. (ART)

Sumber artikel: KOMPAS, 27 Januari 2006.