Home » Berita » Sosialisasi SNMPTN dan Bidik Misi Tahun 2011

Sosialisasi SNMPTN dan Bidik Misi Tahun 2011

Published on February 1, 2011 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Senin tanggal  31 Januari 2011 pukul 09.00 WIB Rayon II mengundang Kepala Sekolah SMA/MA dan SMK se-Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam rangka sosialisasi SNMPTN Undangan dan Bidik Misi yang dibuka oleh rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Rochmat Wahab, MA,MPd. didampingi Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UGM, Pembantu Rektor I UNY, dan UIN, Kepala Disdikpora Provinsi DIY, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DIY.

Kepala Humas Universitas Gadjah Mada (UGM) Suryo Baskoro menyebutkan panitia lokasi SNMPTN terdiri dari UGM, UNY, UIN. Ketiga PTN itu telah mensosialisasikan seleksi jalur undangan ke seluruh SMA/SMK/Mts negeri dan swasta tentang mekanisme pendaftaran via online. Pendaftaran tersebut di buka pada 1 Februari hingga 12 Maret. Siswa berprestasi yang mendaftar akan difasilitasi masing-masing kepala sekolah di setiap sekolah.

Menurut Baskoro, format SNMPTN jalur undangan berubah, tidak seperti Ujian Masuk (UM) UGM. Petunjuk teknis tentang penerimaan mahasiswa baru jalur undangan memuat sekolah yang memiliki program akselerasi diperbolehkan mendaftarkan siswanya sebanyak 100%. Kelas akselerasi merupakan kelas khusus yang menampung siswa berprestasi dengan waktu studi lebih cepat dari siswa regular. Adapun, kouta untuk sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) sebanyak 75% dari keseluruhan siswa kelas 3. Sekolah dengan akreditasi A sebanyak 50% dari total jumlah siswa di kelas 3,25% untuk sekolah berakreditasi B dan 10% untuk sekolah akreditasi C.

Kegiatan ini diikuti oleh 387 kepala sekolah atau perwakilan sekolah di provinsi DIY. Hadir pada kesempatan tersebut Rektor, PR I, dan Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokol UNY, Kepala Humas UINunan Kalijaga, Kepala Humas dan Keprotokolan UGM, serta beberapa tamu undangan.

Pembantu Rektor I UNY, Prof. Dr.Nurfina Aznam,SU, Apt  mengungkapkan, UNY mengikuti semua kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat. Terkait dengan hal teknis, ia mengatakan pihaknya tidak akan mengalami banyak permasalahan, sebaliknya ia berpikir bahwa sekolah-sekolah yang kemungkinan berhadapan dengan kendala-kendala teknis, seperti mekanisme pendaftaran online.

TATA CARA PENDAFTARAN SNMPTN

  • Kepala sekolah mendaftarkan sekolah dan membuat akses login sekolah pada laman http://undangan.snmptn.ac.id. berupa username dan password*)
  • Kepala sekolah melakukan login
  • Kepala sekolah mengisi daftar semua kelas 12 dan pararelnya
  • Kepala sekolah mengisikan daftar siswa XII dan pararelnya satu persatu atau mengunggah daftar siswa dengan template berkas dengan format berkas xls yang sudah disediakan
  • Kepala sekolah membuat rekomendasi bagi setiap siswa yang memenuhi syarat dan ingin melamar SNMPTN jalur undangan. Setiap siswa pelamar yang direkomendasikan akan memperoleh nomoer pendaftaran dan passwaord yang akan menjadi akses siswa pelamar pada laman
  • Kepala sekolah memberikan nomor pendaftaran dan passwaord kepada masing-masing pelamar **)
  • Siswa pelamar login dengan nomor pendaftaran dan password dan di berikan kepala sekolah