Home » Akademis » Sosialisasi UN Ke Orang Tua kelas XII

Sosialisasi UN Ke Orang Tua kelas XII

Published on April 6, 2015 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Akademis, Berita

Sabtu Pon tanggal 4 April 2015 SMA Negeri 7 Yogyakarta menyemapiakn sosialisasi Ujian Nasional (UN) kepada orang tua kelas XII sesuai dengan amanat Kemendikbud bahwa apa tujuan dari ujian nasional (UN)? Tujuannya adalah untuk mengetahui capaian belajar seorang siswa. Ini merupakan hak seorang siswa untuk mengetahui capaian belajarnya. Oleh sebab itu lakukan UN bukan untuk lulus 100 persen, tetapi lakukanlah dengan jujur 100 persen, karena tahun ini UN tidak menjadi syarat kelulusan.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, saat mengunjungi salah satu televisi di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (27/03/2015). ”Mulai tahun ini kelulusan 100 persen ditentukan oleh sekolah. Yang dinilai adalah seluruh mata pelajaran termasuk perilaku siswa. Oleh sebab itu siswa jangan menjadikan UN sebagai beban,” tutur Mendikbud.

Mendikbud menekankan kembali, UN tidak lagi menjadi syarat kelulusan, tetapi UN dapat digunakan untuk mendaftar pada jenjang pendidikan berikutnya. Dengan begitu, UN dapat memberikan perilaku positif kepada siswa dan guru. Siswa belajar bukan karena takut untuk menghadapi UN, tetapi belajar untuk mewujudkan keinginan memiliki nilai yang lebih tinggi.”Karena nilai yang tinggi itu akan membantu mereka mendapatkan sekolah yang lebih baik. Sehingga dapat menanamkan pola perilaku yang positif,” ucap Mendikbud.

Mendikbud berharap dengan tidak dimasukkannya UN sebagai syarat kelulusan, ke depan dapat menanamkan perilaku siswa bahwa mengikuti UN itu adalah semangat untuk mendapatkan prestasi yang baik. ”Jangan lakukan kecurangan-kecurangan yang selama ini banyak dikabarkan. Tetapi lakukan dengan jujur, dan raihlah prestasi yang baik http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3995

Untuk menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA Negeri 7 Yogyakarta memberikan sosialisasi kepada orang tua atau wali kelas XII tentang berbagai kebijakan yang diambil Pemerintah sehubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional. Pertemuan diawali dengan sambutan Ketua Komite Sekolah Bapak Ir. Hadi Prabowo berharap kepada orang tua untuk bisa membantu sekolah dalam hal ini memberikan perhatian khusus kepada putra/putrinya agar sampai pelaksanaan ujian memberikan bimbingan dan motivasi kepadanya.

Kepala sekolah SMA Negeri 7 Yogyakarta Bapak Drs. Budi Basuki M.A.memberikan penjelasan perubahan PP 19/2005 PP 13/2015 TENTANG UN 2015 dan beberapa Catatan penting tentang Ujian Nasional dan kriteria kelulusan yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta.