Home » Berita » Tiga siswa/i SMA 7 terpilih Program Pertukaran Pelajar ke Bali dan Lampung

Tiga siswa/i SMA 7 terpilih Program Pertukaran Pelajar ke Bali dan Lampung

Published on August 12, 2006 — Ditulis oleh Staff SMA 7 | Kategori: Berita

Untuk menggalang rasa persaudaraan, kebersamaan, persatuan, dan saling pengertian dalam kehidupan bernegara sesuai dengan ideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai lambang negara Indonesia, pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas P & P Kota telah beberapa kali mengirimkan dan menerima pertukaran pelajar dari dan ke beberapa propinsi di Indonesia.


Tahun lalu SMA Negeri 7 Yogyakarta menerima siswa/i dari Lampung, Sulawesi, dan Surabaya. Pada tahun ajaran 2006/2007 ini, SMA Negeri 7 mendapat jatah 3 orang siswa/i untuk berpartisipasi didalamnya. Ketiga siswa/i tersebut dikirim ke Propinsi yang berbeda. Arswendi (kelas XI IPA 4) dikirim ke SMA 12, dan M Khusban (kelas XI IPS 1) ke SMA 4 pada propinsi yang sama, Lampung. Sementara Debora Ratri (kelas XI IPA 4) dikirim ke SMA 2 Denpasar Bali.

Diharapkan mereka dapat menjadi duta propinsi/kota yang dapat mengenalkan pendidikan, budaya, dan segala sesuatu yang spesifik dari daerahnya. Dari berbagai cerita peserta pertukaran pelajar tahun sebelumnya mereka sangat terkesan dengan program ini. Banyak pengalaman mereka dapatkan, antara lain karena tinggal di daerah yang sama sekali baru dengan keluarga yang baru pula. Pasti banyak hal berbeda yang mereka alami misalnya dalam berinteraksi di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Dengan cara demikian akan lebih mudah terjadinya transfer pemahaman budaya dan perbedaan-perbedaan lain daripada melalui kegiatan semacam yang diseminarkan. Keuntungan lain mereka mendapat pengalaman baru yaitu naik pesawat terbang, kapal, bis antar pulau, atau kendaraan lain.

Tertarik program ini? Gampang saja. Tingkatkan prestasimu sebagai siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta dalam segala hal termasuk kepribadian dan kemandirianmu sehingga anda akan terpilih untuk audisi di tahun berikutnya. Sukses untuk mereka!

Widya Astuti,
Humas