Home » Berita » Ujian Nasional

Ujian Nasional

Published on April 12, 2011 — Ditulis oleh Drs. Bandono, MM | Kategori: Berita

Ujian Nasional (UN) adalah penilaian hasil belajar oleh pemerintah yang bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. Menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi

Sehubungan dengan hal tersebut di atas mohon anak-anakku sekalian memperhatikan Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional karena acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian berdasarkan SKL dan memuat sejumlah indikator. Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional (SKLUN) Tahun 2010/2011 merupakan irisan (interseksi) dari pokok bahasan/sub pokok bahasan Kurikulum 1994, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2004, dan Standar Isi.

Sebelum menghadapi Ujian Nsional dipersilahkan para siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental spiritual agar nantinya semua agenda kegiatan yang berhubungan dengan ujian dapat dilaksanakan dengan baik untuk menuju kesuksesan yaitu lulus.

Dengan memiliki kesiapan fisik diharapkan pada pelaksanaan ujian anak-anakku sekalian dalam kondisi fit secara fisik karena jika fisik tidak fit akan mengalami permasalahan yang berefek pada masalah psikologis. Biar tidak terjadi permasalahan psikis yang menimbulkan gangguan emosional maka perlu adanya persiapan secara mental karena disekolah kita sudah mengadakan pendalaman dan latian ujian nasional baik yang diadakan olrh sekolah maupun MKKS dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta adalah merupakan modal kematangan secara materi dan psikis bahwa ujian nasional adalah bukan dewa penakut tetapi ujian nasional merupakan evaluasi diri bagi anak2 semua selama 3 tahun sekolah dilembaga ini. Harapan saya anak-anak jaga kondisi dan istirahat yang cukup jangan lupa berdo’a kepada Allah SWT semoga kemudahan dan kelancaran ada pada anak-anakku semua dengan tetap tegar dan penuh semangat menjalani ujian nasional pasti akan berhasil.

Adapun masalah yang juga patut kita perhatikan adalah masalah pensil 2B jika anda tidak yakin dengan pensil silahkan dicek diruang TIK ketemu mas basuki atau pak bandono dengan uji pensil sehingga nanti tidak mengalami kendala dalam mengerjakan soal dengan lembar jawaban yang disediakan oleh panitia. Perlengkapan yang lain kartu ujian,penggaris jika diperlukan tetap dibawa.

Dahulukan mengerjakan soal yang anak2 anggap mudah, kemudian baru beralih ke soal yang lebih sulit dan jangan terpaku atau perpana dengan penasaran pada satu soal karena anak-anak akan kehabisan waktu tinggalkan dulu soal yang sulit dan ragu-ragu.

Untuk mengingatkan ujian jangan lupa membaca jadwal pelaksanaan jangan sampai salah membaca jadwal. salah membaca jadwal akan berakibat fatal. Jadwal Ujian nasional tahun pelajaran 2010-2011 sebagai berikut;

1. Senin tanggal 18 April 2011 jam pertama 08.00 – 10.00 Bahasa Indonesia untuk IPA dan IPS
jam kedua 11.00 – 13.00 Biologi untuk IPA dan Sosiologi untuk IPS

2. Selasa tanggal 19 April 2011 jam pertama 08.00 – 10.00 Mata pelajaran matematika untuk IPA dan IPS

3. Rabu tanggal 20 April 2011 jam pertama 08.00 – 10.00 Bahasa Inggris untuk IPA dan IPS
jam kedua 11.00 – 13.00 Mapel Kmia untuk IPA dan Geografi untuk IPS

4. Kamis tanggal 21 April 2011 jam pertama 08.00 – 10.00 Mata pelajaran Fisika untuk IPA dan Ekonomi untuk IPS

Selamat berjuang anggota seveners pekerjaan kita belum selesai junjunglah almamater anda dengan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga lulus semua sesuai amanat dari Sekti Ciptaning Kusuma Jati